Awan Panas Mengarah ke Kali Gendol

Berita Merapi terbaru - info merapi terkini: Awan Panas Meluncur 3 km ke Kali Gendol
Awan panas itu dapat terlihat jelas bila kita berada di kawasan Jalan Kaliurang.

Jum'at, 12 November 2010, 15:45 WIB
Ismoko Widjaya

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas 'wedhus gembel'. Sekitar pukul 12.50 WIB, awan panas bergumul keluar dari puncak Merapi ke arah Kali Gendol.

"Terekam di seismogram Plawangan dengan durasi tiga menit. Jarak luncur empat kilometer ke arah Kali Gendol," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, Yogyakarta, Jumat 12 November 2010.

Menurut Surono, awan panas itu dapat terlihat jelas bila kita berada di kawasan Jalan Kaliurang. Aktivitas Merapi yang lain adalah adalah kelurnya asap berwarna putih hingga cokelat yang berhembus ke arah selatan, barat daya, barat, dan barat laut. "Asap putih setinggi 1.000 meter dari puncak Gunung Merapi dan bertekanan lemah," kata dia.

Gempa tremor masih terpantau terus terjadi secara beruntun. Guguran lava terlihat sebanyak sekitar sepuluh kali dengan gempa tektonik dua kali.

Suara gemuruh yang dikeluarkan terdengar dengan intensitas lemah hingga sedang. Tetapi, masih terdengar sampai kawasan Kaliurang. Sebelum pukul 12.00 WIB sempat terjadi hujan abu tipis di Jalan Ringroad Barat Yogyakarta.

Gempa tektonik dengan kekuatan 5,8 skala richter yang terjadidi Laut Banda, 375 kilometer dari Ambon dengan kedalaman 151 kilomter tidak mempengaruhi aktivitas Merapi. Gempa terjadi sekitar pukul 11.14 WIB.

0 komentar:

Blog Pozt © 2011 - 2013 by Cara Apa Ada Design By Bludus CORP